Wednesday, May 11, 2016

Berpetualang ke Dunia Adsense/Admob Google (3)

Tulisan panjang ketiga, tentang beriklan di Mbah Google.

Selamat pagi saudara, sahabat, dan teman.
Salam Super, Baarakallaah ...


Diantara ketiga cara beriklan di google, katanya, iklan di youtube-lah yang peluangnya paling bagus. Saya sendiri, sudah/baru mencoba dua jenis cara beriklan, yaitu di web/blog (adsense) dan di aplikasi Android (admob). Saya belum mencoba untuk monetize video di youtube. Insya Allah dalam waktu tidak lama lagi.

Dari pengalaman pribadi, beriklan di aplikasi Android jauh lebih "menguntungkan" kita (dibanding blog). Kalau tidak salah, saya sudah pasang adsense di blog sejak 2007 (atau 2009), walaupun tidak aktif. Total earning saya sejak 2007 - 2014 (awal saya pasang admob), $25 (dua puluh lima dolar) ... belum pernah bisa terima gajian karena akumulasi tidak sampai $100.


Bulan pertama saya launching aplikasi di Google Play Store, alhamdulillah, earning dari admob saja $41 (sudah jauh lebih besar dibanding bertahun-tahun di blog, mungkin karena blog saya tidak terlalu aktif). Bulan kedua, nambah lagi $61. Ditambah dengan earning dari adsense (saya sempat aktif nulis blog lagi di bulan Juni-Oct 2015), akhirnya terkumpullah $175 di account adsense saya (tanda-tanda bisa gajian)

Sistem "penggajian" di google adalah delay sekitar 3 minggu. Pendapatan diakumulasi hingga akhir bulan, dan akan ditransfer ke rekening yang kita daftarkan 3 minggu kemudian, sekitar tanggal 22 bulan berikutnya. Jadilah ... saya menerima gaji pertama saya dari Mbah Google pada tanggal 22 Nov 2015. Alhamdulillah ...

(akhir dari episode 'latar-belakang')

Ada yang bertanya ke saya ... sebenarnya pengen sih publish aplikasi di Google Play Store, tapi gak bisa coding.
Jangan salah, banyak sekali tools yang bisa kita download, yang dibuat untuk memudahkan kita bikin aplikasi, dengan hampir tanpa coding. Kita diajak untuk menyusun rangkaian gambar dan aktifitas, dengan hanya memilih dari berbagai pilihan yang disediakan. Salah satu yang cukup populer adalah GameMaker dari yoyogames (http://www.yoyogames.com/). Ada juga gamesalad.com, dan lain-lain.

Sebaliknya, buat yang bisa/suka coding, tapi misalnya belum pernah bikin aplikasi Android, bisa langsung download Android Studio (http://developer.android.com/sdk/index.html), atau bisa juga mencoba IDE Eclipse (https://eclipse.org/downloads/), atau bisa juga hanya menggunakan ant dari eclipse untuk yang biasa pake command-line.

Baik Gamemaker, Android Studio, maupun Eclipse, semua ada contoh-contoh aplikasi yang bisa kita gunakan sebagai bahan awal. Kalau jaman dulu, bagi kita yang biasa cari source-code "Hello World"  disitu juga disediakan kok.

Gak punya temen yang bisa ditanya-tanya, jangan kuatir ... asal ada koneksi internet, ada Mbah Google yang selalu siap membantu, dan site referensi stackoverflow yang berisi ribuan bahkan jutaan contoh script siap maupun setengah jadi yang bisa kita contoh. Kuncinya adalah, memasukkan keyword yang pas pada saat mencari contoh smile emoticon

Betul ... tidak semua orang suka coding. Bahkan melihat gamemaker yang hampir tanpa coding pun, orang belum tentu tertarik, dan berfikir, ah, sama aja ... ini juga mirip-mirip ngoding. Puyeng ah ...

Masih ada kok "cara" untuk bisa ikutan menikmati kue admob, terutama bagi saudara, sahabat, dan rekan yang pinter nggambar, atau mempunyai suara yang bagus.
Kebanyakan programmer, tidak pandai menggambar, atau mungkin tidak sempat, dan juga butuh pengisi suara untuk aplikasinya.

Ajaklah teman yang bisa ngoding, diskusi bersama tentang ide aplikasi yang mau dibikin, lalu kerjakan porsi masing-masing. Selain itu, bermain di dunia adsense admob juga butuh strategi "pemasaran" yang bagus. Jika kita merasa punya tips dan trik jitu di bidang pemasaran, maka hal itu akan menjadi amat sangat berguna bagi tim.

Di awa-awal, mungkin semuanya akan dikerjakan sendirian (coding, gambar, suara, marketing, dsb). Tapi, seiring berjalan waktu, seiring bertambahnya jumlah aplikasi yang kita publish, keberadaan partner akan sangat membantu.

Cara lain lagi ...
Beli atau cari souce-code instant di internet. Banyak kok site tempat jual-beli source-code, termasuk untuk Android, contohnya : codecanyon.net.Disitu kita bisa membeli source-code siap pakai dengan harga belasan dolar.

Atau, membangun aplikasi secara online, menggunakan template yang sudah tersedia. Contohnya : http://ibuildapp.com/ atauhttps://gdevapp.com/#!/ ...

Begitu banyak cara dan kemungkinan, tinggal kita pilih-pilih, kita coba-coba, dan kita pastikan, mana yang paling pas buat kita.

Supaya lebih semangat, register dulu menjadi developer di google play store (bayar $25). Biar kita merasa punya tantangan untuk segera balik modal smile emoticon

Oh iya, jangan lupa ... kunjungi https://play.google.com/store/apps/developer… ya smile emoticon

Selanjutnya akan kita sambung dengan beberapa tips memilih jenis aplikasi dan memanfaatkan tools yang tersedia di adsense/admob untuk meramaikan "lapak" kita di play store.

Semoga bermanfaat,
Salam Super ... BAARAKALLAAH ...

No comments :

Post a Comment