Friday, May 29, 2015

Repot Kebanyakan Remote? Gabung Beberapa Remote Jadi Satu

Dalam dunia yang semakin maju ini, jumlah perangkat yang sehari-hari kita gunakan juga semakin banyak. TV, DVD Player, Media Player, decoder tv berlangganan, decoder satelit, dan sebagainya. Biasanya, masing-masing perangkat membawa sendiri-sendiri remote-nya. Bisa dibayangkan, berapa banyak remote yang ada di hadapan kita dan kita pakai setiap harinya :)


Saya baru tahu kalau ternyata ada sebuah produk yang namanya Learning Remote, yang bisa kita pakai untuk menggabungkan beberapa remote menjadi satu. Iya betul ... jadi kita tidak perlu lagi memajang seluruh remote yang biasa kita pakai di hadapan kita, cukup pegang satu remote saja. Asyik kan?

Salah satu merk learning remote yang cukup baik menurut saya, yaitu Chunghop, type L336. Remote ini bisa menggabungkan 3 remote sekaligus, dan mempunyai tombol yang cukup banyak, sehingga hampir semua tombol dari remote asli bisa dicopy ke tombol baru yang sama/mirip. Cara ngopy-nya pun sangat gampang:

  1. tinggal pencet salah satu tombol fungsi di bagian atas (misalnya TV, DVD, atau SAT), agak lama sampai lampu indikator nyala. 
  2. Setelah itu, hadapkan remote asli ke remote L336 ini (kepala ketemu kepala), lalu pencet tombol yang mau dicopy (dari remote asli), sampai lampu indikator berkedip. 
  3. Setelah itu, pencet salah satu tombol yang sesuai, dimana kita ingin copy tombol tersebut (misalnya, tombol POWER TV dicopy ke POWER fungsi TV).
  4. Ulangi proses tersebut sampai semua tombol berhasil dicopy.
  5. Jika ada remote lain yang ingin dicopy, jangan lupa untuk mengubah fungsi yang sesuai (TV/DVD/SAT), lalu ulangi proses copy tombol.
Benar-benar sangat bermanfaat. Remote asli bisa kita simpan, kita hanya perlu pegang 1 remote saja untuk semua perangkat yang kita pakai, dan ... bisa menghemat baterei :)



Semoga bermanfaat,

No comments :

Post a Comment