Friday, May 29, 2015

Mengapa Beralih Ke Listrik Prepaid


Beberapa kali saya terlibat pembicaraan dan diskusi dengan temen-temen di kantor mengenai listrik di rumah masing-masing. Ada yang bilang bahwa lebih enak model listrik lama yang masih pascabayar/abonemen, pake dulu, bayar belakangan. Tapi ada juga yang bilang lebih enak model listrik baru, prabayar, kalau gak dipake sama sekali, gak perlu bayar.


Saya sendiri, akhirnya memutuskan untuk pindah ke listrik prabayar. Dan alasan utama saya berpindah mungkin agak kurang oke :) ... yaitu DISKON :D

Tarif listrik prabayar dan pascabayar sejatinya tidak berbeda. Listrik pascabayar tarif dasarnya mungkin lebih murah, tetapi harus bayar pajak jalan dan PPN, sehingga jatuhnya ya sama saja.
Tarif listrik prabayar juga tidak lebih murah lho ... karena dari sekian rupiah harga token itu akan dikurangi dulu dengan pajak jalan, PPN, dan kadang biaya admin.

Tarif pascabayar dan prabayar sama-sama tergantung besarnya daya terpasang, dan pajak jalan yang dibayar oleh pelanggan prabayar dan pascabayar pun sama. Intinya, mau pra atau pasca, tarif listrik tetap, tidak berubah. Beda mencoloknya adalah, pra bayar di depan (beli token), sedangkan pasca bayar belakangan (kasbon dulu, hehehe).

Nah, kembali ke alasan saya pindah ... yaitu diskon.

Selama saya menjadi pelanggan pascabayar, saya tidak pernah mendengar dan merasakan ada program diskon tagihan listrik. Tetapi, selama itu, saya beberapa kali surfing di toko online, dan mendapatkan pengumuman, DISKON TOKEN PLN ! :) ... jadi, itulah yang terus-terang menarik saya untuk migrasi dari PASCA menjadi PRABAYAR PLN.

Dan ternyata, caranya sangat mudah lho ...
Cukup masuk ke website PLN, http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php ... selanjutnya ikuti petunjuk.
Setelah mendapatkan nomor, maka kita harus bayar ke ATM/bank.
Dari pengalaman saya kemaren, setelah kita bayar, kita HARUS segera telpon ke contact center PLN, 123, supaya proses bisa berlanjut. Kalau tidak, prosesnya berhenti, atau mungkin menunggu "alarm" di sistem PLN muncul ke petugas.
Setelah telpon konfirmasi pembayaran, paling lambat 5 hari, meteran prabayar sudah terpasang.

Dan selanjutnya, saya bisa mulai menikmati diskon token (walaupun tidak seberapa, tapi lumayan lah, hahaha ... )

Semoga bermanfaat,

No comments :

Post a Comment