Friday, May 29, 2015

Membedakan Baterai Samsung S4 Ori dan KW

Sudah menjadi rahasia umum bahwa battery handphone yang beredar di pasaran tidak semuanya original. Termasuk juga baterai Samsung Galaxy S4. Berdasarkan pengalaman salah beli, saya pengen share salah satu cara untuk mengetahui apakah baterei S4 itu beneran asli atau bukan (biasa kita sebut KW, ori china atau OC).
 
Samsung Galaxy S4 mempunyai kemampuan NFC (Near Field Communication) / RFID (Radio Frequency Identification). Contoh pemanfaatannya adalah : membaca e-ktp dan e-money. Nah, fungsi NFC ini hanya akan berjalan dengan benar jika battery yang terpasang adalah baterai ORI.

Jika Anda ingin tahu kenapa fungsi NFC hanya jalan normal jika menggunakan battery ori, silakan bongkar bungkus battery bertuliskan SAMSUNG itu ...

Cara melakukan test :

  1. Download aplikasi e-ktp atau emoney (jika Anda memiliki kartu e-money dari Bank Mandiri).
  2. Aktifkan fungsi NFC dari menu Settings - NFC - ON.
  3. Jalankan aplikasi e-ktp atau e-money, lalu dekatkan e-KTP atau kartu e-money Anda.
  4. Jika battery ori, maka aplikasi e-ktp akan menampilkan foto sesuai e-ktp, atau saldo e-money Anda.

Battery ori biasanya dapat dibeli di counter-counter resmi Samsung, atau di toko-toko asesoris HP dengan terlebih dulu memastikan bahwa itu battery ori SEIN atau ori 100%. Kalau tidak bilang gitu, nanti dikasih yang ori China (OC), atau ori 99 ... Ori 100% dari toko-toko itu pun tidak selalu compatible dengan fitur NFC ini. Lakukan test ini sebelum membeli battery pengganti jika Anda membutuhkan fitur NFC.

Bagaimana?
Semoga bermanfaat.

1 comment :