Friday, May 29, 2015

Tips Perbaikan Mesin Cuci Ngadat

Senin kemaren, tiba-tiba istri kirim message, "Yah, mesin cucinya mati."
Waduh ... kenapa lagi nih. Musti keluar biaya lagi buat benerin ke tukang service?
Lalu keingetan, hampir dua tahun yang lalu, kejadian yang sama sudah pernah terjadi. Dan penyebabnya sangat sederhana, ada salah satu komponen yang rusak, yaitu kapasitor.
"OK, nanti malem dicek. Kemungkinan kapasitornya yang rusak".

Begitu malem nyampe rumah, buka bagian belakang mesin cuci-nya, lalu lepasin kapasitor.
Kebiasaan kalau mbenerin alat listrik mati, pasti dibau-bau dulu :) siapa tahu bau gosong, jadi emang bener rusak. Tapi, ternyata gak bau gosong.
Ditest pake multimeter digital, gak ngerti juga cara yang bener buat mastiin kondisi kapasitor :)
Akhirnya, "Ya udah, besok pagi beli aja di pasar proyek" (inget, dulu beli cuman 20rb-an).


Akhirnya pagi-pagi beli, dapet yang kapasitasnya 12uF (kata tukang service yang jualnya, untuk mesin cuci maksimal beliin yang 12uF, jangan kegedhean. Kalau kegedhean,
puterannya memang makin kenceng, tapi dinamo-nya bakalan lebih cepet rusak. Kayaknya sih bener juga ...) - sekalian beli 1 lagi buat cadangan, biar gak repot lagi kalo suatu saat nanti si mesin cuci ngadat lagi.

Sambungin ke kabelnya ... test bentar ... yes! nyala! ...
Beres-beres, tutup, benerin posisi-nya.
Alhamdulillah, mesin cuci mati kembali hidup, dengan biaya tak lebih dari 40rb rupiah saja, plus kemauan untuk bongkar sendiri.

Sekedar tambahan info ...
Dari pengalaman kerusakan terakhir kemaren itu, tanda-tanda kalau kapasitor mulai lemah atau akan rusak adalah lemahnya putaran dinamo mesin cuci. Yang langsung terasa adalah : proses pencucian / pengisian air / pengeringan menjadi lebih lama dibanding biasanya.
Sebenarnya user mesin cuci (si embak) sudah complaint ke istri, "Bu, kok sekarang kalau nyuci butuh waktu jauh lebih lama ya, 2jam, padahal biasanya cuman 45menitan" (mungkin kerasanya setelah sekian lama, mustinya sih bertahap ...).
Setelah diganti kapasitor, proses pencucian kembali normal, menjadi sekitar 40menit.

Semoga bermanfaat,
Salam DIY ...

No comments :

Post a Comment