Monday, June 8, 2015

Copy File ke HP Langsung Dari Flashdisk

Pernahkan Anda harus menyalin file dari flash disk ke HP smartphone Anda, tetapi gagal karena tidak ada komputer atau laptop? Sebenarnya kita bisa menyalin file, langsung dari flashdisk ke HP smartphone (Android) tanpa menggunakan bantuan komputer atau laptop lho ...

Yang kita perlukan hanya sebuah kabel konektor dari port USB smartphone ke flashdisk. Kabel seperti itu biasanya disebut dengan kabel OTG (On-The-Go). Dengan kabel OTG, kita bisa menyambungkan perangkat-perangkat yang biasa kita colokin ke USB komputer/laptop, seperti flash-disk, keyboard, mouse, USB Hub, dll.

Memang tidak semua smartphone (Android) akan mengenal kabel OTG dengan benar, tetapi rata-rata smartphone-smartphone baru saat ini sudah bisa. Jika penasaran, apakah smartphone Anda berfungsi atau tidak saat disambungkan dengan kabel OTG, tentu Anda harus membeli dulu sebuah kabel OTG, setelah itu colok ujung microUSB kabel OTG ke smartphone, dan ujung USB biasanya ke flash disk.


Jika secara otomatis di layar smartphone Anda muncul folder usbdriveA, itu artinya smartphone Anda sudah support OTG. Jika tidak otomatis muncul, coba buka My Files, atau yang sejenisnya (File Manager / File Explorer / dll), lalu masuk ke folder paling atas, yang sejajar dengan memory internal, dan memory external. Harusnya disitu ada pilihan UsbDriveA atau yang sejenis.

Setelah muncul folder usbDriveA, maka Anda bisa explore folder tersebut, pilih-pilih file seperti dari memory card di smartphone, kemudian Anda bisa salin ke HP Anda seperti biasa. Anda bisa juga menyalin file dari HP ke flashdisk. Jika menyalin dari HP ke flashdisk, perhatikan lampu indikator di flashdisk, harus benar-benar sampai mati. Ada kalanya, proses di layar dibilang sudah selesai, tetapi ternyata file belum tercopy secara sempurna di flashdisk.

Untuk memastikan bahwa proses copy sudah sempurna, Anda bisa masuk ke pilihan USB Storage, lalu pilih USBDrive atau OTG Drive, lalu unmount. Nanti akan muncul notifikasi bahwa flashdisk aman untuk dicabut.

Jika kegiatan mengharuskan Anda sering melakukan proses copy file antara HP dan flashdisk, maka Anda wajib melengkapi diri dengan kabel OTG ini. Banyak model kabel OTG yang cukup ringkas untuk dibawa-bawa.

Semoga membantu,

No comments :

Post a Comment