Wednesday, June 17, 2015

Nge-Root Android Bagian 1 - Apa dan Bagaimana

Sering mendengar kata rooting android? Android rooted? Nge-root android? Tapi belum pernah nyoba'? Oke, mari kita bahas sedikit mengenai android root ini.

"Nge-root smartphone android adalah sebuah proses untuk membuka sistem operasi android, sehingga kita menggunakannya tidak lagi sebagai user biasa, tetapi sebagai administrator (di sistem operasi unix/linux dikenal sebagai root), user dengan hak paling tinggi, bisa ngapa-ngapain aja, terserah, suka-suka."

Kenapa sih tidak dari sononya HP android sudah dalam keadaan root? Kan kalo di komputer, kita bisa bikin account administrator? Mungkin, si pembuat HP tidak pengen disibukkan dengan komplain dari customer karena HP-nya bermasalah/rusak karena salah mengubah sesuatu yang seharusnya tidak diubah-ubah. Kalau bukan root, area-area sensitif tersebut memang dikunci, jadi tidak bisa diubah-ubah.

Apakah mudah untuk melakukan rooting pada smartphone Android? Tergantung merk dan jenis HP-nya. Untuk HP-HP yang sudah lama keluar, atau menggunakan versi lama, pada dasarnya mudah, karena sudah ada orang-orang di luar sana yang punya rasa ingin tau yang sangat besar, ditunjang dengan kemampuan yang sangat bagus, dan kadang ditambah nasib baik, yang berhasil menemukan cara untuk nge-root smartphone android. Tetapi, untuk HP-HP yang belum banyak pemakainya, atau menggunakan versi android baru, mungkin saja belum ada cara untuk nge-root. Kok bisa?

Pada dasarnya, proses rooting android itu memanfaatkan celah/kelemahan di sistem operasi android, atau di aplikasi bawaan smartphone yang berhasil ditemukan (setelah melakukan berbagai analisa dan percobaan). Nah, di setiap upgrade, pembuat smartphone yang sudah bisa di-root, biasanya memperbaiki kelemahan tersebut, sehingga proses yang sama tidak bisa digunakan lagi.

Jadi, kalau Anda orang yang suka iseng, pengen nge-root smartphone, jangan gampang-gampang meng-upgrade smartphone Anda, kalau tidak yakin bahwa update terbaru tersebut memang bermanfaat bagi Anda, dan sudah ditemukan cara untuk nge-root HP di versi tersebut.

Pengen bisa nemuin sendiri kelemahan sistem operasi atau HP tertentu? Saya belum sampe ke level itu, jadi kita bisa sama-sama belajar dari belantara internet :) Kali ini, yang pengen saya share, adalah cara nge-root android, terutama merk Samsung.

Khusus untuk HP android Samsung, cara umum untuk nge-root adalah menggunakan tools towelroot.com. Towelroot adalah sebuah aplikasi kecil yang diinstall di HP, dan dilaporkan sudah bisa nge-root banyak smartphone. Jadi, tidak ada salahnya, walaupun smartphone Anda bukan Samsung, untuk mencoba towelroot.

Kita tinggal masuk ke site towelroot.com, lalu click gambar Alpha yang ada di site tersebut, install, lalu jalankan di HP. Ada kemungkinan HP Anda tidak bisa install aplikasi langsung, masuk ke menu setting, kemudian ubah di bagian Security biasanya, bagian Unknown Source, harus di-enable.



Jika sudah ter-install, jalankan towelroot. Tekan make it ra1n, dan jika HP Anda di-support, maka akan ada tulisan Sukses. Jika tidak dan muncul tulisan Not supported, Anda bisa coba click tulisan towelroot merah di bagian atas 3x, dan akan muncul kotak untuk meng-edit angka-angka di bagian bawah (default-nya adalah 1337 0 1 0 4 0). Coba ubah menjadi "1337 0 1 7380 4 0" (tanpa tanda petik), lalu klik lagi [make it ra1n] ... Jika tetap tidak berhasil, berarti memang HP Anda tidak disupport oleh towelroot. Tambahan info bisa dibaca disini : towelroot modstring.

Setelah proses itu selesai, HP Anda sebenarnya sudah root. Anda bisa cek dengan aplikasi root checker yang bisa di-download dari PlayStore.


(bersambung ke bagian 2 biar gak kepanjangan)

Semoga bermanfaat,

No comments :

Post a Comment