Monday, June 15, 2015

Membuka Site Mobile dari Desktop

Adakah dari temen-temen yang jengkel kalo mbuka site-site berita favorit dari desktop. Misalnya saja detikcom, akan terasa jauh lebih berat dan lambat kalau kita buka lewat komputer dibanding kalau kita baca via handphone. Kalau pake HP, enak ... enteng ... Harap maklum, site-site tersebut butuh iklan. Sayangnya, beberapa bentuk iklan tidak mempertimbangkan koneksi internet kita yang lambat, sehingga terlalu membebani. Juga tampilannya kadang menutupi berita yang ingin kita baca.

Bisa nggak sih kalau kita baca detik di komputer pake model kayak di HP? Tentu saja bisa.
Coba saja ketik http://m.detik.com ... URL berita detik untuk yang versi mobile. Sederhana bukan?

Eh ... ternyata sama aja ya? :D
Tetep aja yang kebuka adalah http://www.detik.com ...

Saya menyarankan, untuk membuka site-site favorit dalam versi mobile, kita pake browser lain, bukan browser yang sering kita pake. Misalnya, kita biasa pake Chrome atau Mozilla, maka ada baiknya kalau kita manfaatkan IE yang kemungkinan besar ada di komputer kita (saya windows minded ya, hehehe ... maap buat yang pake'nya non-windows), untuk keperluan ini.
Untuk IE, silakan download Bayden UAPick dari link ini : UAPickSetup.
Kemudian jalankan. Program kecil ini akan menambahkan fungsi untuk merubah User Agent di browser IE kita. Supaya bisa tampil dalam mode mobile, maka browser kita harus kita ubah "User Agent"-nya menjadi browser mobile.

Setelah itu, jalankan IE, masuk ke menu - Tools - akan muncul menu baru Set UA String, pilih itu.
Akan keluar sebuah dialog, pilih [Safari 3, iPhone] atau [Windows Phone 7] di bagian Templates, lalu tekan tombol Save Changes.


Silakan dicoba lagi untuk membuka site http://m.detik.com atau langsung ketik http://www.detik.com juga boleh ... dan silakan dinikmati kecepatannya.

Untuk browser-browser lain, bisa baca link ini : HowToGeek - How to change User Agent.
Untuk user-agent-nya sendiri bisa diisi dengan teks seperti ini :
Mozilla/5.0 (Linux; U; Android 4.0.3; ko-kr; LG-L160L Build/IML74K) AppleWebkit/534.30 (KHTML, like Gecko) Version/4.0 Mobile Safari/534.30
atau lebih lengkapnya bisa nyontek di site ini : Mobile Browser User Agent List

Selamat mencoba,


No comments :

Post a Comment