Sunday, June 7, 2015

Memblokir Panggilan ke HP dari Telpon Indihome

Buat kita-kita yang berlangganan Indihome, tentu tahu bahwa paket yang kita bayarkan sudah termasuk gratis panggilan (1000 menit/bulan) ke seluruh nomor PSTN (telpon rumah). Seluruh panggilan ke nomor selain PSTN akan dikenai biaya.

Supaya tagihan tidak membengkak, karena lupa nelpon ke nomor HP, berikut ini akan saya share cara untuk memblokir telpon rumah Indihome supaya tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke nomor HP.

Petunjuk ini ditulis berdasarkan pengalaman menggunakan modem Indihome ZTE F660. Mungkin untuk modem Indihome type lain tidak akan sama persis, silakan dicoba-coba sesuai kemiripan dengan petunjuk ini.


Pertama, Anda harus bisa login ke modem Indihome, biasanya menggunakan IP address 192.168.1.1, username admin, password default admin (kalau belum Anda ubah).



Setelah berhasil masuk, pilih menu Application (kanan atas), lalu pilih VoIP - Digital Map di bagian kiri.

Setelah itu, hapus isian bawaan (lebih aman kalau Anda capture dulu teks lama lalu disimpan), ubah dengan teks berikut : [123456789]X*.X.T|0[2345679]X*.X.T lalu tekan tombol Submit yang ada di kanan bawah.




Teks tersebut, lebih kurang artinya adalah : hanya ijinkan telpon yang diawal dengan angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9 ... atau 02,03,04,05,06,07,09 saja. Sisanya tidak boleh.

Selanjutnya Anda tinggal coba saja, dial salah satu nomor HP Anda. Harusnya, tidak akan tersambung, dan akan terdengar nada sibuk di telepon rumah Indihome Anda.

Default isian VoIP - Digital Map (buat jaga-jaga kalo isian Anda salah) :
X*.X.#|#X.*.X.##|#X.*.X.T|#X.*.X.#T|X*.X.T|**.X.*.X.*.X.##|**.X.*.X.*.X.#T|#X.*.X.*.X.##

Terus-terang, saya belum 100% paham dengan arti semua karakter yang ada di bagian tersebut (kecuali bahwa angka artinya adalah angka itu sendiri dan X artinya 1 digit sembarang), dan sedang mencari-cari, tetapi isian yang diatas tadi, sudah saya coba dan berhasil dengan baik.

Semoga bermanfaat,



4 comments :

  1. Klo blokir nmr hp yg masuk gmn gan??

    ReplyDelete
  2. kalau settingan di modem huawei gimana gan? soalnya saya coba pake settingan diatas, malah nggak bisa nelpon keluar sama sekali.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete