Sunday, June 7, 2015

Dua Lima - Modifikasi Permainan Kartu Empat Satu

Kenal permainan kartu Empat Satu? Sebuah permainan kartu remi yang masing-masing orang mendapat bagian 4 kartu dan harus mengumpulkan nilai 41. Nilai 41 bisa diperoleh dari jumlah kartu sejenis yang terdiri dari 3 kartu raja (J Q K) dan As, atau 2 raja, 10, dan As. Raja atau 10 nilainya 10, As nilainya 11.

Permainan Empat Satu memang menarik, sayangnya ... menurut saya, dia mempunyai kelemahan. Yaitu, kartu yang "diperebutkan", kartu yang mempunyai nilai, hanya kartu-kartu tinggi, yaitu 10, Jack, Queen, King, dan As. Kartu-kartu lain, bukan menjadi sasaran untuk dikumpulkan. Selain itu, permainan 41 hanya bisa dimainkan, maksimal oleh 4 orang dalam satu group.

Iseng-iseng, saya memodifikasi permainan kartu tersebut, menjadi Dua Lima (25). Aturan utama tetap sama, yaitu mengumpulkan kartu dengan jumlah sekian, kali ini, bukan 41, tetapi 25. Nilai kartu juga tetap sama, sesuai dengan angka yang ada, raja bernilai 10, dan as bernilai 11. Perbedaan mendasarnya adalah, jika kartunya berbeda, maka dia bernilai minus.



Jadi, misalnya, mayoritas Anda mengumpulkan kartu merah hati, maka kartu-kartu selain merah hati dihitung sesuai angkanya tetapi minus. Jadi, total angka 25 bisa kita kumpulkan dengan menggunakan 1 macam kartu, misalnya merah hati semua, atau gabungan, misalnya 3 kartu merah hati, dan 1 kartu lain, kriting, wajik, atau sekop.
Kalau satu jenis, misalnya angka 10, 5, 3, dan 7 (jumlah semuanya 25) ... atau 6,8,2,9 ... dan sebagainya. Kalau gabungan, misalnya Q, J, As (merah hati, total 31), dan 6 sekop/wajik/kriting, sehingga nilai totalnya 30-5 = 25, atau As,8,J hati (11+8+10=29) dan 4 sekop.

Dengan begini, permainan menjadi jauh lebih menarik dibanding 41. Semua kartu menjadi berarti, bukan hanya kartu-kartu besar saja. Kartu besar mungkin saja dibuang, dan kartu kecil dibutuhkan. Dengan jenis kartu yang sama, misalnya merah hati, 3 orang tetap bisa mengumpulkan kartu, dan mendapatkan jumlah total 25. Kalau 41, hanya 1 orang yang bisa mendapatkan 41 untuk satu jenis kartu.

Aturan permainan:
  1. Kartu dikocok, setiap pemain diberi 4 kartu, pemain yang mendapatkan tugas mengocok, berhak untuk memulai permainan.
  2. Pemain boleh mengambil kartu ke-5 dari tumpukan kartu atau dari buangan kartu pemain sebelumnya.
  3. Setelah mengambil kartu ke-5 tersebut, pemain harus membuang 1 kartu, ke pemain sesudah dia, bisa pemain yang berada di kiri, atau di kanannya, tergantung kesepakatan.
  4. Kartu yang sejenis, dijumlah (bernilai plus), kartu yang berbeda dikurangkan (bernilai minus).
  5. Pemain yang sudah mendapatkan nilai 25 (dari 4 kartu yang dipegang), boleh menurunkan kartu pada putaran berikutnya, untuk menutup permainan.
  6. Pemenang adalah pemain yang berhasil mendapatkan nilai 25 dan turun pertama kali. Peringkat berikutnya ditentukan dari selisih nilai total yang diperoleh terhadap 25. Jadi, peringkat berikutnya adalah yang mendapat nilai 24 atau 26, berikutnya lagi 23 atau 27, dst.
  7. Jika ada pemain dengan nilai yang sama, maka peringkat yang lebih tinggi diberikan ke pemain terdekat dengan pemenang (sesuai arah putaran).

Permainan ini bisa dilakukan oleh 2,3,4,5,6, bahkan 7 pemain.

Supaya lebih menarik, permainan bisa dilakukan dengan memberi nilai, misalnya kalau main berempat, maka pemenang mendapat nilai 4, berikutnya 2, berikutnya 1, dan yang kalan mendapatkan nilai 0. Kalau berlima, nilainya bisa 5 - 3 - 2 - 1 - 0 dan sebagainya.


Pemain yang paling kalah, mendapat giliran mengocok untuk permainan berikutnya. Nilai bisa dijumlahkan, misalnya sampai 10x main. Setiap kali dikocok, putaran dirubah, ke kiri (searah jarum jam), lalu ke kanan (berlawanan arah jarum jam), begitu seterusnya, bergantian. Juara Babak adalah pemain dengan nilai akhir paling besar.

Kalau kami sekeluarga, berlima, biasa memainkan permainan ini setiap malam minggu, satu babak (10x main). Kadang dilanjut babak ke-2, kalau memang jamnya masih memungkinkan. Dalam 2 babak itu, kita menghitung juga Juara Umum, mendapat kehormatan sebuah Bintang Besar :D

Kami sampai punya beberapa buku khusus untuk menuliskan skor permainan ini, sejak tahun 2005, sampai saat ini. Asyik, buat arsip kenang-kenangan, dan bukti tertulis siapa yang paling sering menang :)

Selamat mencoba,

No comments :

Post a Comment