Wednesday, June 10, 2015

Mencegah Korslet / Hubungan Pendek Charger Mobil

Pernahkah Anda mengalami kejadian, tiba-tiba head-unit / radio mati? Salah satu penyebabnya mungkin adalah sekring yang putus. Saya pernah mengalami, sekring yang putus disebabkan oleh charger yang tersambung ke lighter mobil. Yaitu chargernya GSP (made in) China. Karena waktu itu belum tahu penyebab utama-nya apa, akhirnya kejadian tersebut sering terulang (sekring putus), walaupun sudah diganti berkali-kali.

Akhirnya, iseng mbuka chargernya ... ternyata ... tembaga yang nyambung ke ujung charger (kutub positif aki), bisa nempel ke body (kutub negatif), alias konslet/korslet/short kalau bergerak/goyang. Kok bisa? Karena plastik pembatasnya pecah (mungkin karena produknya kurang oke), tidak kuat menahan tekanan tembaga yang biasa dipasang di samping-samping charger untuk menahan supaya tidak lepas dari tempatnya (lighter).



Jika Anda tetap ingin menggunakan charger tersebut, mungkin karena belum sempat beli gantinya, atau tidak ada yang cocok di pasaran, alternatif solusinya adalah dengan melepas tembaga penahan yang berada di sisi plastik yang pecah. Jadi, penahannya disisain satu saja, sehingga tekanan ke plastik akan jauh berkurang, tapi charger tetap bisa bertahan di tempatnya.


Alhamdulillah, dengan konfigurasi seperti itu, charger saya tidak pernah konslet/korslet/short lagi.

Semoga menginspirasi,

No comments :

Post a Comment