Monday, June 8, 2015

Merubah IP Menjadi Hostname

Bagi kita yang berlangganan internet dan mendapatkan IP public (contohnya Indihome/Speedy atau FirstMedia), dan butuh akses secara remote ke network tersebut, maka host/domain name akan jauh lebih mudah diingat dibanding dengan IP. Apalagi kalo IP-nya berubah-ubah, setiap kali koneksi putus dan nyambung lagi (IP dynamic).

Di jaringan internet, yang bertugas untuk mengubah nama domain menjadi IP adalah DNS (Domain Name Server). Selain normal DNS, ada dynamic DNS. Perbedaan mendasar keduanya adalah waktu refresh. Dynamic DNS mempunyai waktu refresh yang jauh lebih cepat, misalnya setiap 10menit, sedangkan DNS normal biasanya waktu refreshnya adalah 24 jam.

Kalau koneksi kita menggunakan IP dynamic, maka mau tidak mau, dynamic DNS (DDNS) menjadi solusi supaya kita tetap bisa punya nama domain. Salah satu layanan DDNS yang cukup menarik adalah dyndns.dk (GRATIS, stabil, mudah di-manage, bisa register langsung beberapa hostname, dan bisa update via script/scheduler).

Setelah masuk ke dyndns.dk, silakan register (kalau belum), masukkan nama domain yang diinginkan, misalnya : serverku2015 ... lalu ikuti petunjuk selanjutnya (butuh email untuk registrasi, GMail tidak diijinkan). Nantinya, kita bisa mengakses IP kita menggunakan nama serverku2015.dyndns.dk ...




Untuk melakukan refresh (jika misalnya IP berubah karena router/modem restart), hanya perlu masuk ke site tersebut lagi, http://dyndns.dk lalu login, dan click link yang ada di bagian Crontab-URL. Selain secara manual seperti itu, update dyndns.dk juga bisa dilakukan melalui cron/scheduler/command-line menggunakan URL yang tertulis di bagian Crontab-URL. Tinggal copy-paste link tersebut, lalu dijalankan, misalnya menggunakan wget di linux, dan dimasukkan ke cron supaya running setiap 10 atau 15 menit.

Kenapa harus kita masukkan ke cron/scheduler? Supaya, kalau tiba-tiba modem terputus, lalu reconnect dan dia mendapatkan IP baru, maka dyndns.dk tetap ter-update.

Jika Anda tidak keberatan untuk membayar, maka layanan Dynamic DNS dari speedy bisa menjadi alternatif yang sangat menarik. Dengan biaya 10rb rupiah/bulan, Anda bisa langsung mendapatkan hostname dibawah domain speedyddns.net (misalnya : serverku.speedyddns.net). IP akan selalu terupdate langsung tanpa perlu proses refresh/scheduler. Silakan langsung cek ke: Speedy DDNS ...

Semoga bermanfaat,

No comments :

Post a Comment